Jumat, 01 April 2016

HUBUNGAN PELAKSANAAN PERSONAL HYGIENE OLEH PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN IMMOBILISASI DI INSTALASI RAWAT INAP



ABSTRAK

KLAUDIUS GEOVANI BARUS : “Hubungan Pelaksanaan Personal hygiene Oleh Perawat dengan Kepuasan Pasien Immobilisasi di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar” (dibimbing oleh : Kadek Ayu Erika dan Dartiana)

Kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan selama di rawat di rumah sakit mencakup beberapa aspek pelayanan yang salah satunya adalah kepuasan pasien terhadap pelaksanaan personal hygiene oleh perawat khususnya pada pasien dengan riwayat immobilisasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan pelaksanaan personal hygiene oleh perawat dengan kepuasan pasien immobilisasi di instalasi rawat inap RSUD Labuang Baji Makassar.
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif korelasional dengan menggunakan metode Cross Sectional study, dan teknik Accidental sampling  dengan jumlah sampel 40 responden.
Hasil analisa statistik didapat nilai P (0,011) < α (0,05) ini berarti ada hubungan antara pelaksanaan personal hygiene oleh perawat dengan kepuasan pasien immobilisasi di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar.
Berdasarkan hasil penelitian adalah sebagian besar perawat di instalasi rawat inap RSUD Labuang Baji Makassar sudah melaksanakan tindakan personal hygiene dan kepuasan pasien immobilisasi tentang personal hygiene yang dilaksanakan adalah puas. Diharapkan kepada perawat di instalasi rawat inap RSUD Labuang Baji agar meningkatkan asuhan keperawatan melalui pemenuhan kebutuhan dasar manusia, yang salah satunya adalah memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan personal hygiene kepada pasien – pasien yang benar – benar membutuhkan bantuan( pasien immobilisasi).

Kata Kunci : Pelaksanaan Personal Hygiene Oleh Perawat, Kepuasan Pasien Immobilisasi.
Daftar pustaka : 20 (2002 – 2013)

DOWNLOAD FILE SKRIPSI LENGKAPNYA DI SINI


(catatan: jika muncul laman adfly tunggu sampai muncul tulisan skip lalu klik skip untuk mendownload filenya, filenya dalam bentuk winrar setelah di downoad langsung di buka aja. thanks broooo......)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar